Selamat Datang di Djokotion.blogspot.com

Blog ini berisi info-info unik, artikel, serta beberapa cerpen.

Thursday, December 29, 2011

Tahukah Kamu..... ?

  1. Asal nama kota Buffalo di negara bagian New York, AS sama sekali tidak ada hubungannya dengan kerbau atau hewan ternak lainnya, melainkan kesalahan orang Amerika melafalkan nama yang diberikan oleh penjelajah Perancis "beau fleuve" yang berarti sungai yang indah.
  2. Diperkirakan jutaan pohon di dunia ditanam secara kebetulan oleh tupai yang menguburkan biji-biji pohon dan kemudian lupa menggalinya kembali.
  3. Bangsa Eskimo mempunyai dua puluh kata untuk menyebut salju.
  4. Dalam budaya Swahili, hari baru dimulai pada saat terbitnya matahari, yaitu sekitar pukul 6 pagi.
  5. Di Indonesia tumbuh sekitar 1500 spesies lumut, sementara di dunia terdapat 4000 spesies? Dengan demikian Indonesia memiliki sekitar 38% dari kekayaan lumut dunia.
  6. Tumbuhan lumut, karena mampu menyerap banyak karbon dioksida dan karbon monooksida, dapat berfungsi sebagai indikator pencemaran.
  7. Taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur? Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.
  8. Perubahan cuaca yang tercatat paling cepat adalah dari -20°C menjadi 7,2°C dalam waktu dua menit ? Perubahan ini terjadi di Spearfish, South Dakota karena hembusan angin Chinook pada 22 Januari 1943 antara pukul 7.30 dan 7.32 pagi. Pada pukul 9.00 temperatur naik lagi menjadi 12°C. Mendadak angin berhenti bertiup, dan cuaca turun kembali menjadi -20°C.
  9. Pahlawan Britania, Laksamana Horatio Nelson meminta dikuburkan di Gereja St. Paul di London, dan bukan di Westminster Abbey, tempat para pahlawan nasional negara itu biasanya dimakamkan? Alasannya, ia mendengar bahwa gereja itu sedang tenggelam ke Sungai Thames.
  10. Laut Merah diberi nama demikian karena ganggang yang sekali-sekali berkembang pesat di laut itu, mengubah air laut yang hijau kebiruan menjadi merah, ketika ganggang itu mati.
  11. New York City pernah mempunyai bioskop terbanyak di dunia, yaitu 986 buah.
  12. Dalam satu tahun, ayam-ayam di Amerika Serikat menghasilkan cukup banyak telur untuk mengelilingi bumi sebanyak seratus kali.
  13. Sapi dapat menghasilkan lebih banyak susu bila mereka mendengarkan musik.
  14. Pada 1935, polisi di Atlantic City, New Jersey menangkap 42 orang lelaki di pantai karena mereka mengenakan pakaian renang tanpa penutup dada.
  15. Unta Baktrian adalah satu-satunya mamalia darat di Bumi yang dapat minum air bergaram.
  16. Sebagian besar abjad di dunia berkembang dari abjad yang diciptakan sekitar 3.600 tahun yang lalu di Timur Tengah dan dikenal sebagai Alfabet Semit Utara.
  17. Ketika para astronot Apollo 12 mendarat di Bulan, dampaknya menghasilkan getaran selama 55 menit di permukaannya? Getaran ini tertangkap oleh peralatan laboratorium di Bumi dan menyebabkan para geolog menyimpulkan bahwa permukaan bulan terdiri dari lapisan-lapisan batu yang rapuh.

No comments: