Selamat Datang di Djokotion.blogspot.com

Blog ini berisi info-info unik, artikel, serta beberapa cerpen.

Saturday, December 31, 2011

Bandara-Bandara Terindah/Terunik di Dunia


Fungsi utama dari sebuah bandara adalah sebagai tempat keberangkatan penumpang, kedatangan penumpang, dan pergerakan pesawat. Bandara ada yang dibangun dengan konsep/pola yang biasa-biasa saja, namun ada beberapa bandara yang dibangun dengan konsep/pola yang indah atau pun unik, seperti desain bandara, landasan pacu, dan lain-lain. Nah, dibawah ini ada beberapa bandara di dunia yang memiliki desain yang unik dan landasan pacu yang tidak seperti biasanya. Bandara-bandara tersebut yaitu :


1. Bandara Internasional Ibukota Beijing, Republik Rakyat Cina
Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing (Hanzi: 北京首都國際機場) adalah bandara internasional di Beijing, Republik Rakyat Cina. Bandara ini memiliki kode bandara IATA PEK. Bandara ini merupakan bandara kedua tersibuk di dunia.

2. Bandara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi
   Yang cukup istimewa dari airport baru nanti, selain terminal kendaraan roda empat, akan dibangun pula stasiun kereta cepat yang terpadu dengan airport dan dapat mengantarkan penumpang langsung ke Mekah Al-Mukarramah. Menara pengawas udara yang dibangun akan memiliki ketinggian 130 m, sehingga akan menjadi menara pengawas tertinggi di dunia. Maket bandara ini mirip dengan salah satu partai di Indonesia, yaitu Partai Keadilan Sejahtera.


3.Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan
Bandar Udara Internasional Incheon (Hangul: 인천국제공항; Hanja: 仁川國際空港) adalah bandar udara terbesar di Korea Selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Bandara ini menggantikan Bandara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik kecuali penerbangan internasional ke Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang dan Bandara Internasional Hongqiao di Shanghai, Republik Rakyat Cina. Berdasarkan survei dari Global Traveller bandara ini merupakan yang terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008. Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini.

4. Bandara Internasional Menara Marrakech, Maroko
Bandara Internasional Menara (Bahasa Arab مطار مراكش المنارة) di Marrakech, Maroko, adalah sebuah bandara internasional kecil yang menerima beberapa penerbangan dari Eropa, Casablanca dan beberapa negara Arab. Landasan pacu bandara ini dapat didarati oleh Boeing 747
.

5. Bandara Internasional John F. Kennedy, Amerika Serikat
Bandara Internasional John F. Kennedy adalah bandara internasional yang terletak di kota New York, negara bagian New York, Amerika Serikat. Bandara ini dioperasikan oleh Port Authority of New York and New Jersey. Port Authority of New York and New Jersey juga mengoperasikan Bandara Internasional Newark Liberty, Bandara LaGuardia, dan Bandara Teterbor.

6. Bandara Internasional San Fransisco, Amerika Serikat
Bandara Internasional San Francisco adalah sebuah bandara internasional yang terletak 21 kilometer di selatan San Fransisco, California. Bandara ini merupakan salah satu pintu masuk pengunjung dari dan ke Australia, Asia, dan Eropa. Bandara Internasional San Francisco merupakan bandara terbesar di San Fransisco.

7. Bandara Gibraltar, Spanyol
Bandara Gibraltar merupakan bandara yang cukup unik, dimana landasan pacu untuk landing dan take-off pesawatnya memiliki persimpangan jalan dengan jalan umum yang cukup besar dan ramai.Sehingga apabila ada pesawat yang akan mendarat atau tinggal landas, maka jalan umum tersebut akan ditutup seperti pintu kereta api.





8. Bandara Barra, Skotlandia
Bandara Barra (juga disebut sebagai Bandara Barra Eoligary) merupakan sebuah STOLport yang terletak di pantai Traigh Mhor di ujung utara pulau Barra di kepulauan  Outer Hibrides, Skotlandia. Bandara ini sangatlah unik, karena merupakan satu-satunya bandara di dunia dimana penerbangan terjadwal mendarat di pantai. Pantainya memiliki tiga landasan pacu yang ditandai dengan palang kayu di ujungnya. Ini membolehkan pesawat Twin Otter yang melayani bandara dapat mendarat sesuai arah angin. Pada saat gelombang pasang, landasan pacu tersebut berada di bawah air, jadwal penerbangan sangat tergantung dengan gelombang pasang. Penerbangan darurat juga dioperasikan pada malam hari dari bandara ini, dengan lampu kendaraan yang menandai garis tengah landasan di pantai. Bagaimana jika terjadi gelombang pasang secara tiba-tiba ya ?



9. Bandara Congonhas, Brazil
Bandara ini terletak diantara gedung-gedung tinggi, sehingga pada saat pesawat "landing dan take off" membuat nervous para pilot dan membuat penumpang menahan napas karena letak bandara tersebut.


10. Bandara Internasional Putri Juliana, pulau Saint Martin, Belanda
Bandara ini melayani sebagai sebuah penghubung untuk maskapai Windward Islands Airways dan merupakan gerbang utama untuk pulau-pulau sekitar yang lebih kecil (kepulauan Leeward), termasuk Anguilla, Saba, St. Barthélemy, dan Sint Eustatius. Bandara ini dinamai dari nama putri yaitu Putri Juliana, yang mendarat di sini pada tahun 1944 sebagai putri mahkota.


*Foto-Foto disadur dari berbagai sumber

No comments: